TOPIK 1 Mata Kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen I
T1.2 Mulai dari Diri
Dalam kehidupan sehari-hari, setiap aktivitas yang kita lakukan memiliki tujuan. Untuk mencapai sebuah tujuan, kita dapat melakukan sebuah perencanaan. Sekarang, bayangkan jika Anda Seorang Mahasiswa akan pergi ke suatu tempat kira-kira apa saja yang perlu Anda rencanakan?
Tulislah hal-hal yang ingin Anda rencanakan sebelum melakukan perjalanan! Misalnya:
- Menentukan tempat tujuan
- Menentukan alat transportasi
- Menentukan biaya/ akomodasi perjalanan
- Menentukan barang bawaan yang dibutuhkan
- Memastikan kondisi cuaca
- Memastikan kondisi jalan atau kepadatan jalan raya
- Menentukan jadwal kegiatan mulai dari persiapan, perjalanan, aktivitas yang dilakukan, sampai perjalanan pulang
Fase
: E
Elemen
: Menulis
Capaian
Pembelajaran : Peserta didik mampu
menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai
tujuan secara logis, kritis, dan kreatif dalam bentuk teks informasional
dan/atau fiksi. Peserta didik mampu menulis teks eksposisi hasil penelitian dan
teks fungsional dunia kerja. Peserta didik mampu mengalihwahanakan satu teks ke
teks lainnya. Peserta didik mampu menerbitkan hasil tulisan di media cetak,
elektronik, dan/atau digital.
Tujuan
Pembelajaran :
1. Peserta
didik mampu menulis ide pokok dan ide penjelas, kalimat fakta dan opini, dalam
bentuk teks informasional.
2. Peserta
didik mampu menulis ide pokok dan ide penjelas, unsur intrinsik dan ekstrinsik
dalam bentuk teks fiksi.
3. Peserta
didik mampu menulis teks eksposisi hasil penelitian.
4. Peserta
didik mampu menulis teks fungsional dunia kerja.
5. Peserta
didik mampu menceritakan kembali satu teks ke teks lain.
6. Peserta
didik mampu mengirimkan hasil tulisan di berbagai media cetak, elektronik, dan
digital.
T1.3 Navigasi 6
Setelah
menyimak video pembelajaran tersebut, identifikasilah hal-hal berikut ini:
- Pendekatan
pembelajaran yang digunakan
Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam video tersebut adalah pendekatan inquiry. Pendekatan inquiry adalah suatu pendekatan yang berusaha untuk memberikan kesempatan kepada warga belajar untuk dapat belajar melalui kegiatan pengajuan berbagai permasalahan secara sistematis, sehingga dalam pembelajaran lebih berpusat pada keaktifan warga belajar. Dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inquiry, sumber belajar menyajikan bahan tidak sampai tuntas, tetapi memberi peluang kepada warga belajar untuk mencari dan menemukannya sendiri dengan menggunakan berbagai cara pendekatan masalah.
- Model/ metode pembelajaran
Model
pembelajaran yang digunakan dalam video tersebut yaitu model pembelajaran
kooperatif. Model pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang
mengutamakan kerja sama peserta didik dalam kegiatan belajar. Pembelajaran
kooperatif (cooperative learning) merupakan bentuk pembelajaran dengan
cara siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif
dengan struktur kelompok yang bersifat heterogen (kelompok belajar yang disusun
secara beragam). Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa guru dalam video tersebut
membentuk kelompok untuk menelaah struktur teks informatif yang telah
disajikan.
Metode pembelajaran yang digunakan dalam video tersebut yaitu tanya jawab, ceramah, dan diskusi.
- Media pembelajaran
Media
pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk membantu guru
dalam menyampaikan informasi kepada peserta didik dan dapat merangsang pikiran,
perasaan, perhatian, dan kemauan belajar sehingga dapat mendorong terjadinya
proses belajar. Media pembelajaran yang digunakan dalam video tersebut adalah
media berbasis cetak yaitu amplop cerita teks inspiratif.
T1.3 Navigasi 7
Soal 1
Jelaskan langkah dalam menerapkan
prinsip UbD saat merancang pembelajaran dan asesmen!
Jawaban:
Langkah dalam menerapkan prinsip
UbD saat merancang pembelajaran dan asesmen ada tiga yaitu:
1. menentukan tujuan berarti menentukan
tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.
2. menentukan asesmen berarti
menentukan alat untuk mengukur ketercapaian pembelajaran.
3. menentukan kegiatan
(langkah-langkah) dalam pembelajaran berarti menyusun langkah atau cara
mengajarkannya.
Soal 2
Mengapa merancang pembelajaran dan
asesmen dengan pendekatan UbD dapat memberikan hasil yang lebih efektif?
Jawaban:
Merancang pembelajaran dan asesmen
dengan pendekatan UbD dapat memberikan hasil yang lebih efektif karena
1. fokus pada hasil pembelajaran;
2. penilaian yang relevan dan
autentik;
3. keterkaitan antara tujuan dan
aktivitas;
4. pemahaman yang mendalam; dan
5. fleksibilitas dalam pembelajaran.
Soal 3
Jelaskan secara singkat cara untuk
menentukan tujuan pembelajaran berdasarkan kompetensi atau capaian
pembelajaran!
Jawaban:
1. Melakukan analisis capaian
pembelajaran yang memuat materi dan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan
sikap.
2. Berdasarkan analisis pada
capaian pembelajaran, kemudian tentukan materi utama atau konten inti.
3. menentukan tujuan pembelajaran.
Perumusan tujuan pembelajaran memuat kompetensi (pengetahuan, keterampilan, dan
sikap), konten, serta kebermaknaan dalam pembelajaran.
4. Menentukan kriteria ketercapaian
tujuan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan deskripsi kriteria,
pendekatan rubrik, atau skala atau nilai interval.
Soal 4
Mengapa kita perlu memilih asesmen
yang akan digunakan terlebih dahulu sebelum menyusun aktivitas pembelajaran?
Jawaban:
Dengan memilih asesmen sebelum
menyusun aktivitas pembelajaran akan dapat mengetahui karakteristik siswa yang
diketahui melalui asesmen, kemudian guru dapat menentukan metode, alat, bahan,
dan materi yang sesuai dengan kemampuan siswa. Asesmen yang adil, valid, dan
dapat dipercaya dapat membantu dalam menentukan keputusan tentang langkah
selanjutnya dan menyusun program pembelajaran yang sesuai.
Soal 5
Bagaimana cara Anda menentukan
langkah-langkah pembelajaran yang kreatif dan inovatif?
Jawaban:
Untuk dapat menentukan
langkah-langkah pembelajaran yang kreatif dan inovatif sebagai seorang guru
harus mampu memilih materi yang sesuai dengan kemampuan siswa, menentukan
metode pembelajaran yang bisa memudahkan siswa dalam memahami materi yang
diberikan, menggunakan media pembelajaran yang efektif sehingga dapat
memperlancar proses belajar-mengajar, serta mmapu menentukan evaluasi yang
tepat untuk mengukur tingkat penguasaan siswa.
Comments
Post a Comment