Budi Pekerti sebagai Kekuatan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang Dapat diterapkan untuk Menebalkan Laku Peserta Didik Sesuai dengan Konteks Lokal dan Sosial Budaya
Salah satu kekuatan pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang dapat diterapkan untuk menebalkan laku peserta didik sesuai dengan konteks lokal dan sosial budaya adalah budi pekerti. Budi pekerti dapat dijadikan sebagai pondasi utama sebagai landasan dalam pembentukan kepribadian peserta didik. Refleksi nilai-nilai luhur Ki Hadjar Dewantara mengajarkan tentang pendidikan harus mencakup nilai-nilai moral yang kuat. Dalam konteks lokal, nilai-nilai seperti gotong royong, sopan santun, dan saling menghormati dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum, misalnya mengadakan kegiatan yang melibatkan masyarakat setempat seperti membersihkan lingkungan atau membantu warga sekitar yang sedang membutuhkan bantuan.
Tindak
lanjut di kelas:
1. Integrasi
kurikulum, berarti melakukan pengembangan terkait dengan modul pembelajaran
yang mencakup nilai-nilai budaya lokal, misalnya pelajaran tentang sejarah
daerah yang mengedepankan tokoh-tokoh lokal.
2. Kegiatan
projek, berarti melakukan kegiatan pembuatan proyek yang dapat membuat peserta
didik dapat berpartisipasi secara langsung, seperti ikut dalam acara festival
budaya.
3. Menciptakan
lingkungan inklusif, berarti Ki Hadjar Dewantara menekankan pentingnya
interaksi yang harmonis antara peserta didik dengan latar belakang dan
kebudayaan yang berbeda-beda. Memiliki sikap untuk saling menghargai, maka akan
terciptanya lingkungan kelas yang baik, sehingga akan membuat peserta didik
merasa dihargai keberadaannya.
4. Mengimplementasikan
nilai-nilai budaya lokal, berarti sekolah tidak hanya sekadar sebagai tempat
untuk mentransfer ilmu pengetahuan tetapi juga sebagai tempat untuk belajar
memahami dan menghargai budaya lokal. Mengajarkan peserta didik tentang adat
istiadat, seni, dan sejarah budaya lokal dapat membantu peserta didik dalam
mewujudkan nilai-nilai budaya lokal dan menghargai warisan budaya lokal di
daerah tempatnya.
Comments
Post a Comment