Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dapat Dikontekstualkan dengan Nilai-Nilai Luhur Kearifan Budaya di Desa Juwana untuk Memperkuat Karakter Peserta Didik
Pemikiran
Ki Hadjar Dewantara dapat dikontekstualkan dengan nilai-nilai luhur kearifan
budaya daerah asal untuk memperkuat karakter peserta didik antara lain:
1. Pendidikan
karakter berdasarkan kearifan lokal, berarti mengintegrasikan nilai-nilai luhur
seperti gotong royong, toleransi, dan rasa saling menghormati.
2. Aktivitas
pelestarian kebudayaan agar tidak punah, berarti melakukan aktivitas yang
melibatkan peserta didik dalam merayakan tradisi lokal, seperti mengikut
sertakan peserta didik dalam berbagai tingkatan untuk ikut berpartisipasi dalam
acara tradisi sedekah laut. Hal ini akan membantu peserta didik memahami dan
menghargai warisan budaya yang terdapat di daerah tempat tinggalnya.
3. Proyek
komunitas, berarti memotivasi peserta didik untuk terlibat dalam proyek yang
berguna bagi masyarakat, seperti membersihkan lingkungan atau melakukan
kegiatan sosial yang menunjukkan nilai-nilai gotong royong yang kuat dalam
budaya Jawa.
4. Belajar
dari pengalaman, berarti mengadakan kunjungan lapangan ke situs-situs
bersejarah atau tempat yang kaya akan budaya, seperti Museum Pati Ayam untuk
memberikan pemahaman langsung tentang sejarah dan budaya lokal.
5. Melakukan
pemberdayaan tokoh budaya, berarti mengundang tokoh masyarakat atau budayawan
setempat untuk berbagi pengalaman dan nilai-nilai yang dapat memotivasi peserta
didik serta memperkuat rasa cinta terhadap budaya lokal.
6. Diskusi
dan refleksi, berarti membuat forum diskusi di kelas tentang nilai-nilai budaya
yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, seperti etika dalam pergaulan dan
pentingnya menjaga hubungan antarwarga.
Pendidikan
yang memahami dan mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal akan membentuk
peserta didik sebagai generasi muda penerus bangsa yang tidak hanya siap
menghadapi tantangan global tetapi juga bangga dan bertanggung jawab menjaga
dan melestarikan terhadap warisan budaya lokal.
Comments
Post a Comment